Tuesday, March 26, 2013

Dibalik Sisi Kehidupan Malam Jakarta


Jakarta adalah Ibukota dengan suatu fonomena yang beragam, memberikan hal positif maupun negative. Dan banyak warga memberi sebutan untuk Ibukota ini bahwa Jakarta itu Keras dan Kejam. Dimana siapa yang mau bekerja keras lebih dan percaya diri serta bermental bajalah yang mampu bertahan. Oleh kerena itu orang Jakarta terbiasa memanfaatkan waktu untuk bekerja keras baik siang yang kadang terbuang karena kemacetan maupun malam. Begitupun dengan malam hari banyak warga berkata Jakarta Tidak Pernah Tidur. Walaupun jumlah penduduk yang bergerak di malam hari sedikit, tetapi tetap saja memberikan nuansa yang berbeda untuk kota yang bergelimang kegemerlapan ini.
Secara awam orang mengenal atau mendengar kata kehidupan malam pastilah yang terlintas di benak kita tentang semua hal yang negative. Kita buang jauh – jauh apapun itu tentang hal yang negative dalam kehidupan malam di Jakarta karena tidak semua warga Jakarta yang masih berada diluar rumah pada malam hari melakukan aktivitas yang negative. Tak kala mereka berselimutkan dinginnya udara malam hanya karena tuntutan pekerjaan mereka seperti itu. Penyebab lain mengapa Jakarta tidak pernah tidur antara lain karena kemacetan disiang hari dengan kesibukan pekerjaan serta aktivitas bisnis yang cukup padat kadang memungkinkan mereka tetap berada diluar pada pukul – pukul tengah malam dan harus beraktivitas lagi di pagi harinya. Terkadang aktivitas kehidupan malam ini terjadi pada orang yang mempunyai dua pekerjaan.
Masih ada sisi lain dibalik kehidupan malam Jakarta selain aktivitas negative. Seperti contoh para eksekutif muda – mudi yang takkala menghabiskan malamnya di kafe – kefe atau restoran hanya untuk menghindari jam – jam kemacetan. Aktivitas lembur para pekerja juga salah satu contoh kebanyakan orang menghabiskan jam malamnya di luar rumah melainkan banyak di kantor. Para pekerja jasa transportasi juga menghabiskan waktunya selain di jalanan juga pada malam hari. Juga ada pedagang – pedagang kaki lima dan mini market  serta SPBU yang buka 24 jam, karyawan – karyawan mereka bekerja dengan giliran malam hari.
Namun selama ini hanya sisi gelap kehidupan malam harilah yang marak di tonjolkan. Seperti pekerja seks komersial, bebas narkoba, balap liar dan kenakalan – kenakalan remaja lainnya.
Marilah kita sebagai generasi penerus bangsa satukan tujuan yang positif untuk bangsa ini. Mulailah sedikit langkah kehidupan yang baik untuk diri sendiri terlebih dahulu.

1 comments:

ikhsan said...

keren sob...

Post a Comment